8b_ Tugas Menjawab Tentang Analisis Data

 


Salam sobat (As'atun zaskia) selamat berjumpa lagi dengan saya dimana kali ini saya akan menjawab tugas menjawab tentang Analisis Data buku Informatika bab 6 kelas 7

1.Apakah  tujuan kamu mempelajari Analisis Data? 

Pada materi analisis data ini, saya akan mempelajari bagaimana mengolah data, menggunakan salah satu aplikasi lembar kerja, yaitu Microsoft Excel. 

2.Bagaimana mengolah data menjadi sebuah informasi yang lebih berguna? 

Ialah dengan menganalisis mempelajari hubungan antar data berdasarkan sudut pandang tertentu dan menyimpulkan hubungan yang dipelajari. 

3.Apakah kalian tahu bahwa data itu banyak jenisnya? Jelaskan! 

Macam data ada dua yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif adalah data yang dinyatakan dalam bentuk kata, kalimat, dan gambar. (skoring: baik sekali = 4, baik = 3, kurang baik = 2 dan tidak baik = 1). ®Data kuantitatif dibagi menjadi dua, yaitu data diskrit/nominal dan data kontinum.

4. Apakah yang dimaksud dengan proses analisis data? 

Secara sederhana, analisis data adalah proses pengumpulan dan pengorganisasian data. Pengumpulan data ini dilakukan untuk menarik kesimpulan yang berguna dari data tersebut. Proses analisis data juga menggunakan penalaran yang runtut, masuk akal, dan logis.

6.Coba kamu jelaskan versi pemikiran kamu, apa itu data? 

Data berasal dari kata dalam bahasa Latin datum yang artinya adalah fakta keterangan yang benar dan nyata yang dapat dikumpulkan dan dapat dijadikan dasar kesimpulan[ analisis atau kesimpulan].

7. Sebutkan satuan ukuran data yang kamu ketahui? 

Byte, kilobyte, megabyte, gigabyte, terabyte, dan petabyte

8. Apa itu analisis data? 

Analisis data adalah proses pengumpulan dan pengorganisasian data untuk menarik kesimpulan yang berguna dari data tersebut. 

9. Apa itu interpretasi data? 

Interpretasi data adalah memberikan kesan pendapat atau pandangan terhadap sesuatu interpretasi juga dapat berarti menafsirkan data sehingga data menjadi bermakna

10. Sebutkan 10 perkakas 5 pengolah lembar kerja? 

Microsoft Excel. Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah lembar kerja yang populer dan banyak digunakan di seluruh dunia. ...Google Sheets. ...LibreOffice Calc. ...Apache OpenOffice Calc. ...WPS

11. Sebutkan 5 pengolah data dasar? 

Pengumpulan data2. Persiapan data. 3.Pengolahan4. Interpretasi data 5. Penyimpanan data

12. Dimaksud dengan duplikasi data?

Data duplikasi (duplicate data) dan data rangkap (redundant data) merupakan kondisi dimana satu atribut memiliki dua atau lebih nilai yang sama, hanya saja pada data rangkap apabila nilai tersebut dihapus tidak akan ada informasi yang hilang dengan kata lain data rangkap merupakan data duplikasi yang tidak perlu .

13. Apa yang dimaksud dengan worksheet? 

Iyalah worksheet terdiri atas kumpulan cells yang terbentuk dari baris atau row dan kolom atau columm

14. Bagaimana cara melakukan pengurutan atau sorting data? 

Mengurutkan menurut lebih dari satu kolom atau baris1.Pilih sel apa pun dalam rentang data.2.Pada tab Data, di grup Urutkan & Filter, klik Urutkan.3.Dalam kotak dialog Urutkan, di bawah Kolom, dalam kotak Urutkan menurut, pilih kolom pertama yang ingin Anda urutkan.4.Di bawah Urutkan Berdasarkan, pilih tipe pengurutan.Item lainnya...

15. Bagaimana cara melakukan filterine atau penyaringan data tertentu? 

•>Memfilter rentang data•>Pilih sel mana pun dalam rentang.•>Pilih Filter> Data .•>Pilih panah header kolom .•>Pilih Filter Teks atau Filter Angka, lalu pilih perbandingan, seperti Between.•>Masukkan kriteria filter dan pilih OK.

16. Apa itu validasi(data validation)? 

. Validasi data adalah langkah pemeriksaan untuk memastikan bahwa data tersebut telah sesuai kriteria yang ditetapkan dengan tujuan untuk memastikan bahwa data yang akan dimasukkan ke dalam basis data telah diketahui dan dapat dijelaskan sumber dan kebenaran datanya.

17. Apa yang dimaksud dengan share data? 

Berbagi data adalah proses membuat sumber daya data yang sama dan tersedia untuk beberapa aplikasi, pengguna, atau organisasi.

18. Apa yang dimaksud dengan print title? 

Print Title yakni pengulangan judul kolom atau baris yang berulang-ulang pada setiap halaman pencetakan. Print titles pada excel digunakan untuk mencetak baris atau kolom judul pada setiap page/halaman pada jumlah lembar yang banyak, sehingga tidak perlu membuat kolom judul pada setiap lembar pada M.S Excel.

19. Bagaimana cara mengcopy data? 

•>Untuk menyalin satu file: Dalam tampilan petak : Tekan dan tahan file. Ketuk Lainnya. Salin ke. ...

•>Untuk menyalin beberapa file: Dalam tampilan petak : Tekan dan tahan file yang ingin disalin. Untuk memilih file lainnya, ketuk lingkaran di bagian atas setiap file yang ingin disalin.

20. Apa yang dimaksud dengan protect? 

protect [protected|protected] {kata kerja transitif/dengan objek} untuk melindungi {kt krj dgn obj.}

21. Bagaimana cara melakukan analisis data uplugged( tanpa komputer)?

dapat menggunakan metode metode seperti wawancara,survei kertas,observasi langseung dan analisis manual data. 

22. Sebutkan beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk mengolah data? 

1.microsoft excel2 . Lotus 123. ...3 . Abacus. ...4. Gnumeric (Gnome Office) ...Open Office Calc. ...6. Google Spreadsheet. ...7. Kspread. ...StarCalc (StarOffice Calc)

23. Kegiatan apa yang akan kalian lakukan terkait analisis data? 

Ialah konten, naratif, wacana, kerangka kerja,dan teori beralas.

24. Bagaimana mengolah data menjadi sebuah informasi yang lebih berguna? 

Ialah dengan menganalisis mempelajari hubungan antar data berdasarkan sudut pandang tertentu dan menyimpulkan hubungan yang dipelajari. 

25. Apa saja satuan ukuran data? 

Satuan yang umum (sering dijumpai) dalam perkomputeran adalah sebagai berikut:B = bita (byte) kB = kilobita (kilobyte) MB = megabita (megabyte)GB = gigabita (gigabyte)TB = terabita (terabyte)PB = petabita (petabyte)EB = eksabita (exabyte)ZB = zetabita (zettabyte)

26. Bagaimana cara mengolah data dengan baik dan benar? 

1.Pengumpulan Data. Tahapan pertama dalam pengolahan data adalah pengumpulan data. ...2.Preprocessing Data. ...3. Integrasi Data. ...4. Transformasi Data. ...5.Analisis Data. ...6. Interpretasi dan Visualisasi Data. ...7.Membantu Pengambilan Keputusan. ...8.Mempercepat Proses Bisnis.

Demikian dari saya as'atun saskia





 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

8b_Perkemahan Pangkalan MTsN 2 Sampang

8b_Langkah -Langkah Memanfaatkan Aplikasi Capcut

8b_Rangkuman Berpikir Komputasional